Apa Keuntungan Memiliki Personal Website?
Apa saja keuntungan jika kamu memiliki personal website? Apa perbedaan hosted-website dan self-hosted website?

Artikel oleh Suci Wulan Lestary

Apa keuntungan memiliki website?

Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki personal website:

  • Menunjukkan integritas dan profesionalisme kamu sebagai individu
  • Membuat orang-orang dengan minat yang sama mudah menemukanmu
  • Memperluas jaringan dan kesempatan kerja
  • Rumah bagi karyamu dan sebagai alat untuk give back to the society


Menunjukkan Integritas dan Profesionalisme
Integritas dan profesionalisme merupakan karakteristik yang dibutuhkan dalam profesi apapun. Memiliki personal website menunjukkan bahwa seseorang dapat dipercaya atau memiliki kredibilitas, karena orang tersebut tak segan untuk mengemukakan latar belakangnya, bidang profesinya dan memberikan pemutakhiran informasi seputar bisnis atau profesi yang digelutinya. 

Apalagi di era digital seperti saat ini, informasi tentang diri seseorang dapat ditemukan dengan mudah melalui pencarian di search engine. Memiliki personal website akan menjaga seorang publik figur atau sebuah bisnis dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang mencoba menuliskan informasi palsu, karena semua informasi resmi hanya akan ditampilkan melalui personal websitenya.

Selain itu, bagi kamu yang pecinta proses daripada hasil, membangun personal website dapat menjadi salah satu jalan ninja bagi kamu untuk memperlihatkan proses build in public. Orang-orang akan bisa melihat perkembangan tulisanmu dari masa ke masa.


Individu dengan Minat yang Sama Mudah Menemukanmu

Memiliki personal website akan membuat individu dengan minat dan visi yang sama mudah menemukanmu. Inilah saatnya kamu mengucapkan: good bye, intellectual lonely! karena orang-orang tersebut akan lebih mudah menghubungimu, mengajakmu berdiskusi, belajar bersamamu, dan kamu bisa mulai membangun komunitas atau bahkan berbisnis bersama mereka.


Memperluas Jaringan dan Kesempatan Kerja
Selain mudah ditemukan, kamu juga akan memiliki potensi besar menerima tawaran kerja sama dan kolaborasi. Apalagi jika kamu mempromosikan websitemu melalui media sosial. Jika kamu sudah cukup lama membangun personal website, kamu juga bisa mendaftarkan websitemu ke situs affiliate marketing dan adsense, atau yang lebih menarik lagi kamu bisa mulai membuka toko onlinemu sendiri dan menghubungkannya dengan akun media sosial yang kamu miliki, sehingga kamu bisa menjadikan websitemu sebagai salah satu sumber passive income.

Di era digital di mana perhatian adalah currency, maka personal website hadir sebagai salah satu media untuk membentuk personal monopoly


Rumah Bagi Karya dan Sarana Give Back to The Society
Kira-kira, mengapa aku tertarik menulis daring? Jawabannya karena untuk melatih diriku agar menulis lebih jelas dan mudah dipahami. Tidak ada jalan lain untuk menjadi ahli dalam suatu bidang selain terus menerus berlatih.

Selain itu, semakin tinggi jabatan fungsional seseorang, dia akan membutuhkan teknik penulisan yang lebih mumpuni atau orang tersebut harus menyewa seorang ghost writer karena dia akan selalu berurusan dengan berbagai jenis tulisan setiap hari. Personal website akan menjadi tempat seseorang berlatih menulis dan menjadi rumah bagi karya-karya yang dihasilkannya.

Memiliki personal website juga salah satu ladang untuk beramal, karena membuat ilmu yang kamu miliki terwaris kepada orang lain. Kamu bisa menjadikan website milikmu sebagai tempat berbagi ilmu dan informasi kepada masyarakat luas yang tertarik dengan kamu sebagai individu atau siapa saja yang tertarik dengan bidang yang kamu geluti.

Apapun profesimu, kamu bisa menjadikan personal website sebagai alat pengajaran dan sarana edukasi, misalnya dengan menaruh artikel tentang bidangmu, jika kamu seorang pengajar kamu bisa menaruh worksheet bagi siswa/mahasiswa, atau sebagai tempat menyimpan materi yang harus dibaca para siswa/mahasiswa, sehingga mereka bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Seru, kan?


Apa Bedanya Hosted Website dan Self-Hosted Website?
Sebelum membangun website ini, aku telah membangun website pertamaku, yaitu 

linguisticstudentindonesia.com

Website tersebut adalah hosted website. Disebut hosted website karena aku tidak menyewa hostingku sendiri, melainkan menggunakan free hosting dari blogger. Kelebihan menggunakan hosted website adalah kamu bisa memiliki website dengan harga murah, karena kamu tidak perlu membayar hosting, kamu hanya perlu membayar sewa domain saja.

Nah, jika kamu ingin membuat self-hosted website seperti yang sedang kamu lihat sekarang ini, kamu perlu membeli domain sekaligus menyewa hosting.

error: Content is protected !!