back to blog

Free Tools For Content Writer

Pekerjaan content writer adalah salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan dari mana saja. Pekerjaan ini juga sangat cocok untuk kamu yang menyukai pekerjaan remote. Berikut ini adalah beberapa tools gratis yang bisa membantu content writer dalam membangun kariernya. Jika kamu suka artikel ini, jangan lupa bagikan ke teman-teman dan keluarga kalian ya!  

1. Tools Riset Keyword Gratis

Untuk riset keyword secara gratis kamu bisa gunakan Google Keyword Planner dan Wordstream Free Keyword Tools untuk menunjang pencarian keyword yang efektif yang terkait dengan bisnis yang ingin dikembangkan oleh klien, juga membantu mendatangkan traffic yang sesuai niche website yang kita kelola. Hal tersebut penting karena artikel kita akan berpotensi mudah ditemukan oleh mesin pencari. Selain itu, keyword research tools ini dapat memberikan gambaran tentang estimasi harga yang ditawarkan oleh advertisers atau penayang iklan di website kita. 

2. Tools untuk Menjual Tulisan atau Artikel Secara Online

Jika kamu ingin menerbitkan secara mandiri buku elektronikmu, menjual tulisanmu ataupun menjual hasil karya lainnya, kamu bisa mulai menjualnya secara online. Kini menjual tulisan atau digital product tidaklah sulit. Kamu hanya perlu memanfaatkan platform seperti Lynk.idSociabuzzGoogle Play Books atau Amazon KDP. Melalui platform-platform itu kamu bisa menjual artikel dan buku digital dengan praktis. Selain itu, pekerjaan ini juga tidak hanya bisa ditekuni oleh content writer saja tetapi juga bisa menjadi ide bisnis bagi ibu rumah tangga, mahasiswa, ataupun kamu yang sedang mencari cuan tambahan.

3. Tools untuk Penulisan Artikel SEO oleh AI

Writer's block bisa menjadi salah satu hambatan bagi content writer. Selain ChatGPT kamu bisa juga memanfaatkan SEO Review Tools untuk membantu kamu generating ideas dalam proses produksi tulisan. Selanjutnya, kamu juga bisa gunakan YOU untuk research, karena YOU adalah tipe AI yang memberikan jawaban sekaligus referensinya.

4. Tools untuk Cek Ejaan dan Typo

Berprofesi sebagai content writer juga bisa membuat kamu melakukan banyak kesalahan ejaan dan salah ketik (typo) dalam proses menulis. Jangan khawatir! Kamu bisa langsung cek ulang tulisanmu di Ejaan.id dan Lektur.id.

5. Tools untuk Cari Rima Kata

Ingin membuka tulisan dengan puisi atau pantun? Atau lagi mengerjakan project artikel penjualan dan harus menulis copy? Kamu bisa pakai bantuan Mesin Rima Kata tinggal cari akhiran kata yang ingin kamu cari rimanya, dalam sekejap tools ini akan membantu membuatkan daftar untukmu berisi kata-kata dengan akhiran yang sama.

6. Tools Ads.txt Validator

Salah satu sumber penghasilan terbesar dari website adalah AdSense. Jika website yang kamu kelola menggunakan CMS WordPress kamu perlu memasang Ads.txt sendiri dan mengecek validasinya melalui Ads.txt Validator secara gratis.

Download Ebook Gratis (EPUB Format) On Writing Well by William Zinsser

7. Tools Page Indexing

Salah satu tugas web dan SEO content writer adalah memastikan artikel yang ditulis terindeks oleh google. Hal ini berfungsi agar artikel dapat masuk ke dalam halaman pertama google (page one google). Tools yang biasa digunakan adalah Google Search Console.

8. Tools Note-Taking dan Planning

Perencanaan dalam ide konten, tenggat waktu untuk unggah tulisan, serta outline tulisan semua bisa dilakukan dengan menggunakan Notion atau Obsidian. Jika kalian menggunakan MacOS aplikasinya bisa langsung diunduh ke MacBook.

error: Content is protected !!